Berwisata ke Museum, Belum Menjadi Pilihan

Berita Purbalingga, 24 Pebruari 2010

PURBALINGGA  –  Berwisata ke museum belum menjadi pilihan banyak keluarga di Indonesia. Jika musim liburan sekalipun, jumlah pengunjung museum tidak mengalami peningkatan yang terlalu mencolok.

”Kalau ada kesempatan berwisata, kebanyakan keluarga di Indonesia masih sebatas ke obyek wisata yang menawarkan kesenangan dan hiburan semata. Padahal, obyek wisata yang mengandung nilai edukatif seperti museum juga penting,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudaparpora) Purbalingga, Drs. Suyitno saat memberikan Sambutan dalam Penyuluhan Sumber Daya Sejarah dan Kepurbakalaan di Pendopo Cahyana Rumah Dinas Wakil Bupati, Rabu pagi (24/2).

Suyitno mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan sosialisasi pentingnya berkunjung ke museum sekaligus memperkenalkan museum terbaru Purbalingga, yakni Museum Wayang dan Artefak yang diresmikan 27 Desember tahun lalu.

”Dengan berkunjung ke museum, anak-anak menjadi mengerti bagaimana sejarah di masa lalu, menghargai peninggalan sejarah dan budaya nenek moyangnya, sehingga anak-anak bisa tumbuh menjadi sosok yang berkepribadian arif, khas bangsa Indonesia,” tambah Suyitno.

Di hadapan ratusan guru sejarah/seni dan pelajar SMA/ SMK se-Kabupaten Purbalingga, Suyitno menyampaikan harapannya agar masyarakat ikut menjaga peninggalan sejarah.

”Jika menemukan benda cagar budaya, tolong segera laporkan kepada kami, atau kepolisian terdekat. Jangan sekali-kali dijual apalagi dijual ke orang asing, karena nanti bisa kena sanksi pidana. Karena benda cagar budaya dilindungi dan harus diselamatkan di museum,” jelasnya.

Ditegaskan suyitno, penyelamatan benda-benda bersejarah menjadi sangat penting, selain untuk kepentingan penelitian dan perkembangan ilmu sejarah/ kepurbakalaan, benda-benda bersejarah juga dapat menunjukkan keagungan tradisi leluhur yang bermartabat. (cie/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s