SDN Karangcengis Juara I Lomba Drumband

SDN KARANGCENGIS JUARA I DRUMBAND POPDA

PURBALINGGA – SD Negeri 1 Karangcengis kecamatan Bukateja menjadi juara 1 lomba drumband dalam rangka Pembukaan Pekan Olahraga Daerah (POPDA) dan Pekan Seni Pelajar Kabupaten Purbalingga. Drumband “Pinang Muda” yang mewakili kecamatan Bukateja ini, berhasil menyisihkan peserta lainnya dari 18 kecamatan yang ada di kabupaten Purbalingga. Penyelenggaraan POPDA tingkat kabupaten dibuka oleh Bupati Triyono Budi Sasongko di Gelora Goentoer Darjono Selasa pagi (23/2).
Salah seorang juri lomba Ady Parwoto menuturkan, lomba drumband SD menjadi salah satu kegiatan untuk menyemarakan POPDA tingkat kabupaten Purbalingga. Pesertanya adalah drumband SD perwakilan 18 kecamatan. “Dari 18 peserta yang ada memang tidak semua diwakili drumband SD. Tapi memang ada kecamatan yang tidak memiliki kelompok drumband tingkat SD sehingga mengirimkan drumband SMP,” jelas Ady.
Kejuaraan selengkapnya, lanjut Ady untuk juara I SD Negeri 1 Karangcengis Kecamatan Kemangkon, juara II SD Negeri 1 Padamara (Padamara), juara III SD Negeri 1 Bodaskarangjati (Rembang). Sedangkan juara harapan 1 – 3 masing-masing SD Penaruban 1 (Kaligondang), SMP Negeri 1 Kalimanah (Kalimanah) dan SD Negeri 1 Kemangkon (Kemangkon).
Untuk lomba drumband ini, panitia menyediakan hadiah berupa piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan sejumlah Rp. 2 juta dari PD PGRI kabupaten Purbalingga.
Sementara guru pembimbing drumband Pinang Muda SDN 1 Karangcengis Purwono menyatakan kebanggaanya atas prestasi yang diraih. Menurut Purwono, prestasi juara 1 tingkat kabupaten bukan sesuatu yang mudah didapat dan itu merupakan buah dari kerja keras dan kedisiplinan anak didiknya. “Kegiatan drumband di SD kami di awali sejak tahun 2008. Berkat kedisiplinan dan ketekunan anak-anak, Alhamdulillah hari ini kami mampu menunjukan prestasi gemilang dan ini adalah prestasi pertama kami di eskul drumband,” ungkap Purwono yang disambut yel-yel kemenangan dari seluruh anggota drumband.
Dalam lomba kali ini, drumband berkekuatan 65 anak dibimbing tim pelatih yang terdiri dari para guru yakni Purwono, Juminto, Arofin dan Budi Suwarso. Dengan mayoret utama Yanuari Astianti (13), mayoret II Indah Rustianti (11) dan mayoret III Nadia A Salsabela.
Ditambahkan Purwono, dalam kurun waktu dua tahun terakhir SD Negeri 1 Karangcengis mampu mengoleksi lebih 50 kejuaraan. Diantaranya sejak 2006 selalu menjadi langganan juara 1 tingkat kecamatan dalam bidang lomba seni lukis. Juara III Hadroh tingkat Kecamatan, Juara Vaforit tingkat Kabupaten dan terakhir juara harapan III Parade Hadroh dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Purbalingga. “Sebelumnya, drumband kami juga tampil dalam pembukaan POPDA tingkat kecamatan pada awal pebruari lalu,” pungkas Purwono. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s