Bencana Alam Sedot Dana Bazda

BENCANA ALAM SEDOT DANA BAZDA

PURBALINGGA – Banyaknya kejadian bencana alam yang terjadi selama bulan januari 2010, menyebabkan banyak dana Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) kabupaten Purbalingga tersedot untuk kegiatan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Bahkan penyaluran dana bulan itu melebihi penerimaan zakat,infak, shodaqoh yang dihimpun Bazda.
Ketua Bidang Pengumpulan Drs. H Sukarno Prasodjo mengemukakan selama Januari Bazda berhasil menghimpun dana ZIS sebanyak Rp. 53.195.500. Terdiri dari penerimaan zakat Rp. 44.296.000, Infaq Rp. 5.900.000 dan Shodaqoh Rp. 2.900.000.
Dikatakan Sukarno Prasodjo saat acara rutin Dialog Interaktif di Radio Suara Perwira Purbalingga Selasa malam (16/2), pada bulan januari lalu kegiatan Bazda terfokus pada program ACT. Penyaluran zakat untuk program itu mencapai Rp. 61.403.700. Rinciannya untuk ACT tanah longsor Gunung Wuled kecamatan Rembang bagi 2 KK yang rumahnya hancur Rp. 7,5 juta. ACT angin puting beliung Kaliori Karanganyar untuk 46 korban rehab rumah, total penyaluran Rp. 10 juta. ACT musibah angin ribut Kejobong berupa bantuan sembako untuk 137 KK senilai Rp. 6.577.400.
Penyaluran lainnya untuk korban angin ribut Kaligondang yakni bantuan sembako 132 KK Rp. 7 juta. Terakhir untuk ACT bencana angin ribut kecamatan Kemangkon masing-masing berupa bantuan sembako bagi 179 KK Rp. 9,6 juta dan bantuan tunai untuk rehab rumah 197 KK Rp. 10 juta. Penyaluran zakat untuk ashnaf miskin konsumtif  lainnya diberikan bagi perorangan karena sakit dan musibah lain.
Selain untuk program ACT, Bazda juga menyalurkan zakat bagi program Rehab Rumah Tidak layak Huni (Remahtilani) untuk 3 orang yakni Sonya Purbalingga Lor, Suwandi Pengalusan dan Sucheri Bobotsari masing-masing Rp. 1,5 juta, serta penyaluran untuk 6 ashnaf lainnya. Dari data yang ada total penyaluran zakat bulan januari mencapai Rp. 73.321.200.
Sukarno Prasodjo berharap para muzaki yang terbiasa membayar zakat secara tahunan agar dapat  di salurkan bulanan. Hal ini untuk mendukung kegiatan Bazda yang kini dilaksanakan secara harian. (Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s