Jelang UN, Dinas Pendidikan Verifikasi DNS

JELANG UN, DINAS PENDIDIKAN VERIFIKASI DNS

PURBALINGGA – Hingga minggu kedua menjelang ujian nasional (UN) Februari 2010 ini, Dinas Pendidikan Purbalingga belum rampung melakukan verifikasi Daftar Nominasi Sementara (DNS) siswa peserta UN. Daftar sementara peserta UN SMA dan MA yang telah diajukan sebanyak 3.198 siswa. Dinas mengklaim masih melakukan pendataan susulan dan ada waktu setidaknya hingga 9 Maret mendatang.
Mekanismenya, paling tidak akhir Minggu ketiga Januari pihak penyelenggara UN telah menyerahkan daftar sementara peserta UN. Kemudian akan diolah di Provinsi. Setelah itu akan dikembalikan sebagai daftar nominasi sementara ke penyelenggara UN tingkat kabupaten. Di tingkat kabupaten akan diverifikasi kembali dan dikirimkan ke provinsi dan pusat.
Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Purbalingga, Subeno SE  menuturkan data DNS yang sudah menjadi Daftar Nominasi Tetap (DNT) peserta UN, nantinya menjadi dasar dalam membuat Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU). Karenanya verifikasi harus benar-benar teliti dan valid.
Sesuai hasil pendataan awal dinas pendidikan Purbalingga, secara keseluruhan, ada sebanyak 35.479 siswa jenjang SD hingga SLTA di kabupaten Purbalingga bakal menempuh Ujian Nasional (Unas). Jumlah itu terdiri dari siswa SD/MI sebanyak 15.783 orang, SMP/MTs 13.691, SMA/ MA 3.198 dan SMK 2.807. Dari keseluruhan siswa yang sudah terdata itu sudah termasuk sekolah luar biasa dan sekolah terbuka dari semua jenjang,  Sedang waktu pelaksanaan, untuk SMA/MA 22-26  Maret, SMP/MTs/SMPLB 29 Maret- 1 April 2010, SMK 10-14 April dan UASBN untuk SD/MI SDLB 4-6 Mei 2010. Untuk ujian susulan, masing-masing satu minggu setelahnya. Sedangkan untuk UN Ulangan dilakukan pada 10-14 Mei 2010.
Menurut Subeno, berdasar aturan yang berlaku, peserta yang tidak lulus UN pada tahun pelajaran 2007/2008, atau 2008/2009 berhak mengikuti UN 2009/2010. Syaratnya siswa tersebut harus mendaftar di sekolah/ madrasah asal atau sekolah/madrasah lain yang ditetapkan sebagai penyelenggara UN. Dengan menyerahkan surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) yang telah disahkan oleh sekolah/ madrasah.
Subeno juga kembali menegaskan ketentuan Unas di seluruh sekolah dasar dan lanjutan, secara teknis sama dengan tahun ajaran sebelumnya. Mulai dari penentuan kelulusan, standar minimal nilai, dan aturan secara teknis dalam Pedoman Operasional (POS). (Chy/Hr-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s