18 Desa Dapat bantuan Gubernur

18 DESA MENDAPAT BANTUAN KEUANGAN BAGI DESA BERKEMBANG DARI GUBERNUR

Purbalingga – Sejumlah 18 desa di kabupaten Purbalingga dalam tahun 2010 ini mendapatkan bantuan masing-masing Rp. 100 juta dari Gubernur Jawa Tengah. Bantuan ini diberikan dalam program Bantuan Keuangan Kepada Desa Berkembang. Tahun 2009 lalu, bantuan Desa Berkembang untuk Purbalingga diberikan bagi 10 desa. Kepala Bapermas Purbalingga Imam Wahyudi menuturkan, desa yang mendapatkan bantuan Desa Berkembang yakni desa Banjaran dan Galuh di kecamatan Bojongsari, desa Cipawon dan Karangcengis (Bukateja), desa Brakas, Bungkanel dan Kabunderan (Karanganyar), desa Baleraksa dan Kramat (Karangmoncol), desa Siwarak, Tlahap Kidul dan Tlahap Lor (Karangreja). Lainnya dua desa di Kecamatan Rembang, masing-masing desa Gunungwuled dan Wanogara Kulon, Kecamatan Pengadegan desa Bedagas dan Tetel serta Kecamatan Mrebet desa Tangkisan dan Pengalusan.

Dijelaskan Imam Wahyudi, para kades diminta untuk menggunakan dana bantuan keuangan desa berkembang di luar kegiatan fisik. Bantuan provinsi ini lebih diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat. Sedangkan kegiatan yang dapat dibiayai diantaranya kegiatan perikanan, peternakan dan pertanian.

Sementara Kasie Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kecamatan Mrebet Suharmanto mengungkapkan, di wilayah Kecamatan Mrebet, bantuan dari provinsi itu sudah diterima sejak tahun 2009 lalu. Desa yang mendapatkan Bantuan Keuangan Desa Berkembang tahun 2009 lalu yakni desa Serayu Karanganyar.

Tahun 2010 ini dua desa di kecamatan Mrebet kembali mendapatkan bantuan Keuangan Desa Berkembang, yakni desa Pengalusan dan Tangkisan. Dua kadesnya yakni Sudiyanto dan Marwan telah mengikuti pelatihan selama 3 hari dari 11-13 Pebuari 2010 di Balai Diklat Provinsi Semarang.(Umang-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s