Panwaskab Purbalingga Fokus Bentuk PPL

PANWAS SEDANG FOKUS PADA PEMBENTUKAN PPL

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Purbalingga saat ini sedang berkonsentrasi pada pembentukan Petugas Pengawas Lapangan (PPL). Ditarget pada 10 Maret mendatang semua desa/kelurahan sudah terbentuk dan melantik anggota Petugas Pengawas Lapangan (PPL).
Sebelum dilantik, semua anggota PPL ini akan diberi pembekalan oleh panwaslu kabupaten maupun panwascam. Intinya agar sedini mungkin tahapan pelaksanaan pemilihan bupati/wakil bupati Purbalingga dapat diawasi sehingga dapat berjalan sesuai prosedur.
Ketua Panwaslukada Purbalingga Basuki SH mengatakan, semestinya lembaga pengawas pemilu terbentuk dalam satu waktu dari panwas tingkat kabupaten hingga PPL di desa/kelurahan. Sehingga semua tahapan pilkada dapat diawasi, mulai dari pemutakhiran data, penentuan DPS, penetapan DPT, masa kampanye, hari pemungutan suara, sampai pada hari penghitungan suara.
Basuki selaku ketua Panwaskab untuk pilkada sudah melayangkan surat edaran kepada panwas ditingkat kecamatan untuk segera melakukan pengecekan terhadap DPS Pemilu kepala daerah Purbalingga 18 April mendatang. Dan meminta jajaran panwas di tingkat kecamatan untuk melakukan inventarisasi kemungkinan kesalahan yang terjadi dalam penyusunan DPS yang sangat mengganggu kesempurnaan DPT.
Sedangkan hal-hal yang perlu diperhatikan panwascam diantaranya, kemungkinan adanya pemilih yang tidak tercantum NIK, pemilih tercantum ganda, pemilih yang sudah meninggal dunia, pemilih dibawah umur, pemilih tidak dikenal, pemilih gangguan jiwa dan mutasi penduduk yang datang/pindah dari kabupaten lain.

PPK Purbalingga Sosialisasi Pemilukada.

Sementara itu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Purbalingga Kamis (11/2) pagi, mengadakan sosialisasi terkait adanya pembaruan jadwal penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPU Purbalingga.
Ketua PPK Purbalingga Wegig Nung Nugroho mengatakan, adanya revisi Keputusan KPU Kabupaten Purbalingga nomor 01/KWK-PBG/2009 tentang Tahapan, Program dan Jadwal dan Keputusan KPU Purbalingga nomor 05/KWK-PBG/ 2009 tentang Pedoman pedoman teknis emutahiran data dan penetapan DPT Pilkada Purbalingga 2010 menyebabkan penetapan DPT mengalami penundaan dari jadwal yang telah ditetapkan. Semula penetapan DPT H-90 hari sebelum pelaksanaan Pilkada 18 April, menjadi H-45 sebelum pelaksanaan Pilkada. Tujuannya agar para pemilih dapat terdata lebih valid, sehingga tidak ada pemilih yang tercecer.
Ditambahkan Wagig, pihaknya berharap sosilisasi kali ini Pilkada 18 April mendatang dapat berjalan dengan lancar, baik secara pelaksanaan dan tidak terjadi permasalahan.
Saat ini PPK Purbalingga telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perubahan (DPSHP) kecamatan Purbalingga yakni 41.092 pemilih terbagi dalam 94 TPS, meliputi 92 TPS Reguler dan 2 TPS khusus yang berada di Lembaga Pemasyarakatan dan RSUD Purbalinga. Rencananya PPK Purbalingga akan mempublikasikan DPT pada 24 Pebruari mendatang.(Umang-Dian/Hr).

One thought on “Panwaskab Purbalingga Fokus Bentuk PPL

  1. PANWASLU Purbalingga juga perlu mengawasi secara khusus kegiatan mobilisasi masa melalui PNPM, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya yang dimanfaatkan untuk kegiatan kampanye…karo PANWAS dimadan wibawa ya pak …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s