WABUB HERU RESMIKAN DUA PAUD DI KUTASARI

WABUP HERU RESMIKAN DUA PAUD DI KUTASARI

PURBALINGGA – Wakil Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko meresmikan dua buah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah kecamatan Kutasari Purbalingga.

Dua PAUD tersebut bernama Taruna Insani di desa Karangjengkol dan PAUD Kasih Ibu berada di desa Karanglewas. PAUD Kasih Ibu desa Karanglewas Kutasari dibangun dengan dana PNPM Mandiri Pedesaan senilai Rp. 116 juta lebih, saat ini telah menampung 32 peserta didik. Sebelumnya PAUD Kasih Ibu selama dua tahun menumpang di rumah dinas milik Perusda Air Minum Purbalingga. Baru pada tahun 2009 lalu, setelah melalui rembug desa gedung PAUD seluas 16 x  7 meter dibangun diatas tanah kas desa. Wakil bupati Heru Sudjatmoko dalam peresmian PAUD Kasih Ibu Desa Karanglewas Kutasari menuturkan, pendidikan pada anak usia dini merupakan penentu watak, sikap manusia dewasa kelak. “Justru pada masa anak usia dini itulah, sikap, watak dan perilaku ditanamkan. Jadi kalau pendidikan di usia dininya bagus, harapanya kelak saat menjadi dewasa akan menjadi anak yang baik. Sebaliknya jika di usia dini tidak mendapatkan pendidikan yang baik, dikhawatirkan kelak menjadi anak yang bermasalah,” ujar Heru.

Diungkapkan Heru Sudjatmoko, selama ini pemerintah berkonsentrasi untuk pendidikan dasar 9 tahun. Sehingga banyak anggaran pemerintah yang ditujukan bagi pendidikan setingkat SD dan SMP. Sedangkan pendidikan prasekolah seperti PAUD, untuk pengelolaannya lebih diserahkan pada swadaya masyarakat.

Sementara pengurus PAUD Kasih Ibu desa Karanglewas Kutasari Purbalingga, Sulastri mengatakan PAUD merupakan tempat bermain bersama, dan mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya, diajarkan untuk bergaul dan bekerjasama. Sedangkan program pengajarannya sesuai dengan kurikulum yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan. (Umang-RSP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s