Budidaya Jamur Tiram Purbalingga Terkendala pemasaran

Berita Purbalingga, 13 April 2010

Foto Illustrasi (doc)

PURBALAINGGA (RSP) – Para petani di kabupaten Purbalingga, saat ini mulai mengembangkan budidaya jamur tiram. Budidaya jamur tiram Purbalingga tersebar di beberapa desa yakni desa Toyareka, Muntang,Jetis, Rabak, Babakan, Grecol, dan Kalimanah.

Para petani tersebut telah membudidayakan jamur tiram sejak setahun yang lalu, namun para petani terkendala pemasaran dan media tanam (Baglog).

Untuk meningkatkan pemasaran jamur tiram, mulai awal tahun 2010 para petani membentuk Paguyuban Petani Jamur Mega Karya yang di pusatkan di desa Toyareka kecamatan Kemangkon.

“Selama ini kendala utama yang kami hadapi adalah pemasaranya. Oleh karena itu, kami kemudian membentuk paguyuban. Maelalui paguyuban ini kami secara bersama mencari terobosan-terobosan agar kendala pemasaran jamur tiram dapat teratasi. Selain itu bagi petani juga bermanfaat untuk saling berbagi ilmu dalam mengembangkan jamur tiram,” kata ketua paguyuban petani jamur Mega Karya, Mujahidin.

Budidaya jamur tiram Purbalingga selama ini baru dapat memanen setiap 15 hari dan satu kali panen menghasilkan 20 kg. Para petani menjual jamur tiram dengan harga Rp. 10.000/kg. Area pemasaranya baru dalam lingkup kabupaten Purbalingga atau hanya pada warung warung terdekat dan dijual masih berupa bahan baku mentah.

“Kami punya angan-angan, apabila ada suntikan modal kami dapat meningkatkan pangsa pasar. Misalnya dengan membuat makanan olahan dari jamur tiram seperti keripik jamur, soto jamur, bakso jamur, Risoles, sate jamur, bakmi goreng jamur dan lainnya,” Ujar Mujahidin sembari berharap agar pemkab dalam hal ini Disperindagkop dapat segera membantu petani berupa media tanam dan penguatan modal. (Dian/Hr-RSP)

About these ads

8 gagasan untuk “Budidaya Jamur Tiram Purbalingga Terkendala pemasaran

  1. bagaimana caranya bergabung dengan Paguyuban Mega Karya saya petani jamur di Desa Kramat, Rt 01/ Rw. 05 Karangmoncol Purbalingga dan sekarang sudah mulai panen, banyak Pesanan produksi kurang bagi teman2 yang petani jamur bisa kontek saya di 081317907431 ( serius )

  2. bagi yang ingin tahu caranya budidaya jamur tiram, kuping, dan merang bisa hubungi saya di 081317907431.
    akan di kasih tahu caranya pembuatan bibit jamur hingga panen, pasca panen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s